Alumni

Profil Alumni

Tujuan utama pendirian Program Studi Kimia di Universitas Airlangga adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa  melalui pengembangan pendidikan guna mendapatkan lulusan dengan akhlak yang tinggi, memiliki ilmu tinggi dibidang kimia, memiliki kinerja yang baik, memiliki soft skills yang baik, dan memiliki empati yang tinggi pada masyarakat sekitar. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, telah dikembangkan dengan berbagai pendekatan seperti pengembangan kurikulum dan metode pengajaran, penyiapan infrastruktur, penyiapan sumber daya manusia, dll. Integrasi dari semua pendekatan ini dikembangkan untuk mendapatkan Learning Outcome yang mendukung  untuk memiliki lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional. Melalui pendekatan terpadu, program studi kimia Universitas Airlangga merancang kompetensi lulusan yang memiliki profil seperti bawah ini:

  1. Analis yang mampu memecahkan masalah kimia sederhana berdasarkan pendekatan prosedural.
  2. Teknisi yang mampu memecahkan masalah kimia sederhana berdasarkan pendekatan prosedural
  3. Pengawas yang mampu mengkoordinasikan beberapa teknisi dan atau analis
  4. Manajer yang mampu memimpin sebuah organisasi, terutama dalam bidang kimia

Suatu profil lulusan program sarjana kimia dari Universitas Airlangga telah disesuaikan dengan tingkat standar kompetensi dan kualifikasi lulusan yang ditetapkan oleh Indonesian National Qualification Framework (INQF), di mana lulusan kimia (gelar sarjana) sebanding dengan tingkat 6 yang memiliki kompetensi sebagai teknisi atau analysist.

Setiap profil kebutuhan deskripsi parameter pada kompetensi yang dibutuhkan yang meliputi pengetahuan, kemampuan dalam bidang pekerjaan, kemampuan manajerial, sikap dan nilai-nilai profesional. Learning Outcome yang diharapkan untuk memenuhi semua parameter ini. Setiap Learning Outcome diharapkan terintegrasi dalam program, baik program wajib dan mata kuliah pilihan, sehingga pencapaian kompetensi setiap mata kuliah mendukung satu Learning Outcome atau lebih. Karena hasil belajar ditentukan berdasarkan analisis yang disusun berdasarkan kompetensi berjenjang sesuai dengan subjek yang diberikan, hasil pembelajaran pasti akan memenuhi standar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap serta lulusan memiliki etika profesional.

Keterampilan Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious. (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan Etika. (S2)
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. (S4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6)
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7)
  8. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S8)
  9. Menjunjung tinggi nilai moral, norma, dan etika akademik. (S9)
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)
  11. Excellent with Morality. (S11)

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlianya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU4)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. (KU5)
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. (KU6)
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU7)
  8. Mampu melakukan proses evaluasi secara komprehensif terhadap hasil kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, serta mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi. (KU9)

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan teori keilmuan pada berbagai cabang ilmu kimia (P1).
  2. Menguasai prinsip dasar yang menunjang cara-cara analisis kimia dengan berbagai instrumen kimia, sinkripsi dan transformasi kimia, dan percobaan kimia lainnya, serta menunjangkannya dalam bentuk laporan hasil praktek (P2).
  3. Menguasai dalam pengoperasian piranti lunak untuk menunjang analisis kimia, sinSkripsi, transformasi kimia, pemodelan dan materi percobaan kimia lainnya (P3).

Keterampilan Khusus

  1. Mampu memecahkan masalah IPTEK dalam bidang kimia melalui pendekatan prosedural dan standar keilmuan (KK1).
  2. Mampu menghasilkan simpulan dan pemecahan yang tepat dalam pengambilan keputusan dengan berdasarkan hasil identifikasi, analisis, evaluasi, dan penerapan konsep kimia analisis, kimia organik dan anorganik, kimia fisika dan biokimia (KK2).
  3. Mampu mendiseminasikan kajian penelaahan masalah kimia untuk menghasilkan simpulan yang akurat dalam bentuk laporan atau kertas kerja (KK3).
  4. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sinSkripsi bahan kimia yang tersedia dengan menggunakan piranti lunak (KK4).
  5. Mampu melaksanakan pekerjaan bidang kimia secara mandiri dan mengemban tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja (KK5).