Alumni

Profil Alumni

Tujuan utama pendirian Program Studi Kimia di Universitas Airlangga adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa  melalui pengembangan pendidikan guna mendapatkan lulusan dengan akhlak yang tinggi, memiliki ilmu tinggi dibidang kimia, memiliki kinerja yang baik, memiliki soft skills yang baik, dan memiliki empati yang tinggi pada masyarakat sekitar. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, telah dikembangkan dengan berbagai pendekatan seperti pengembangan kurikulum dan metode pengajaran, penyiapan infrastruktur, penyiapan sumber daya manusia, dll. Integrasi dari semua pendekatan ini dikembangkan untuk mendapatkan Learning Outcome yang mendukung  untuk memiliki lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional. Melalui pendekatan terpadu, program studi kimia Universitas Airlangga merancang kompetensi lulusan yang memiliki profil seperti bawah ini:

  1. Analis yang mampu memecahkan masalah kimia sederhana berdasarkan pendekatan prosedural.
  2. Teknisi yang mampu memecahkan masalah kimia sederhana berdasarkan pendekatan prosedural
  3. Pengawas yang mampu mengkoordinasikan beberapa teknisi dan atau analis
  4. Manajer yang mampu memimpin sebuah organisasi, terutama dalam bidang kimia

 

Suatu profil lulusan program sarjana kimia dari Universitas Airlangga telah disesuaikan dengan tingkat standar kompetensi dan kualifikasi lulusan yang ditetapkan oleh Indonesian National Qualification Framework (INQF), di mana lulusan kimia (gelar sarjana) sebanding dengan tingkat 6 yang memiliki kompetensi sebagai teknisi atau analysist.

Setiap profil kebutuhan deskripsi parameter pada kompetensi yang dibutuhkan yang meliputi pengetahuan, kemampuan dalam bidang pekerjaan, kemampuan manajerial, sikap dan nilai-nilai profesional. Learning Outcome yang diharapkan untuk memenuhi semua parameter ini. Setiap Learning Outcome diharapkan terintegrasi dalam program, baik program wajib dan mata kuliah pilihan, sehingga pencapaian kompetensi setiap mata kuliah mendukung satu Learning Outcome atau lebih. Karena hasil belajar ditentukan berdasarkan analisis yang disusun berdasarkan kompetensi berjenjang sesuai dengan subjek yang diberikan, hasil pembelajaran pasti akan memenuhi standar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap serta lulusan memiliki etika profesional.

Kompetensi Khusus

LO1

Menguasai pengetahuan struktur, sifat molekul, identifikasi, pemisahan, karakterisasi, transformasi, sintesis molekul dan aplikasinya, menguasai tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen kimia yang umum; serta menguasai software, instrumen dasar, metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik seperti bidang organik, biokimia, analitik, kimia fisik, atau anorganik

LO2

Berperan sebagai teknisi atau analis yang mampu memecahkan masalah kimia sederhana di bidang tertentu melalui pendekatan prosedural

LO3

Memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transfoemasi, dan sintesis molekul melalui penerapan pengetahuan struktur dan sifat molekul, metode analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan

LO4

Menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia yang telah dilakukan

LO5

Menyajikan beberapa alternatif solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia pada tingkat molekuler sederhana yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat

LO6

Menyiapkan, menangani, dan mengelola bahan kimia di bidang lingkungan dan proses manufaktur pada institusi pemerintah dan swasta

LO7

Mendiseminasikan kajian penelaahan masalah kimia yang akurat dalam bentuk laporan atau kertas kerja

LO8

Bertanggung jawab pada pekerjaan bidang kimia secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja

LO9

Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri, secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum

Kompetensi Sosial

LO10

Memiliki moral, etika, dan karakter yang baik dalam menyelesaikan masalah, serta menjadi warga negara yang baik dan cinta perdamaian

LO11

Saling menghargai perbedaan antar budaya, sudut pandang, keyakinan, dan agama, serta pendapat orang lain

LO12

Dapat bekerja sama dan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli terhadap lingkungan serta menegakkan hukum yang berlaku di negara dan masyarakat