Mahasiswa Kimia UNAIR dan Tim Raih medali Perak dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022

WYIE merupakan serangkaian kegiatan dari acara 33rd International Invention, Innovation and Technology Exhibition 2022 (ITEX) sejak tanggal 26-28 Mei 2022. Tercatat pada pelaksanaan ITEX tahun ini terdapat 500 penemuan dengan 15 negara dan wilayah yang berpatisipasi dari Hong Kong, Indonesia, Kuwait, Malaysia, Oman, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat yang juga dari beragam universitas. ITEX 2022 mengusung tema “Beyond Invention” yang bertujuan untuk mempertemukan para stakeholder dari bidang sains, teknologi, dan inovasi dengan pemodal usaha, penyandang dana, dan institusi yang berfungsi sebagai fasilitator dan kolaborator untuk meningkatkan kualitas hidup melalui inovasi. 

Perwakilan tim Universitas Airlangga (UNAIR) dengan susunan anggota Muhammad Fahroji (FST, Kimia’18), Difandi Wahyu H. R. (FST, Mat’18), Fahmi Ikhlasul A., Izza Nur Ilmiyah, Widyah Puspitasari (FST, Biologi’18) dan Nilna Maulida (FIB, Sasing’18) serta Nasrul Benaya (FEB, Manajemen’18) ikut serta dalam serangkaian acara ITEX 2022, yaitu pada kegiatan WYIE 2022. Pada WYIE 2022 para peserta bersaing untuk memperoleh penghargaan berupa mendali Gold, Silver dan Bronze WYIE 2022. Tim UNAIR membawakan produk inovasi bernama Cigarette Filter Modification Based on Nanozyme And Carbon To Reduce The Risk Of Lung Damage Due To Cigarette pada bidang lomba biotechnology, health yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari asap rokok yang menyebabkan kerusakan paru-paru. Produk filter rokok tersebut juga dapat mengurangi zat aditif dari rokok, sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai alternatif rehabilitasi bagi pecandu rokok akut yang ingin berhenti merokok.

Pelaksanaan penilaian dilakukan oleh dua juri berbeda dengan kriteria penilaian seperti novelty and inventiveness, usefulness and application, presentation and demonstration, market and commercial potential, and environmental friendliness. Selain proses penilaian yang cukup panjang, juga terdapat kunjungan dari beberapa investor asing yang turut tertarik dan menawarkan hak paten pada produk invoasi yang dibawakan. Setelah melalui serangkaian kegiatan WYIE 2022, hasil akhir yang dicapai Tim Unair ditunjukan dengan diraihnya penghargaan silver medal WYIE 2022.

 

Penulis: Muhammad Fahroji (Kimia UNAIR 2018)

Editor: Fatiha Khairunnisa